Korea Selatan Berkabung usai Tragedi Itaewon

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, resmi menetapkan masa berkabung nasional selama satu minggu usai 151 orang tewas pada perayaan Halloween di Itaewon (Tragedi Itaewon), tepatnya Sabtu, 29 Oktober lalu. Perdana Menteri Korea Selatan, Han Duck-soo, menjelaskan lebih lanjut bahwa masa berkabung tersebut ditetapkan sejak Minggu, 30 Oktober 2022 hingga Sabtu, 5 November 2022 mendatang.  

Guna mengenang para korban tragedi Itaewon, pemerintah Korea Selatan juga akan membangun altar untuk berduka di Seoul. Selain itu, Yoon Suk-yeol juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dan berharap para korban yang terluka bisa segera pulih. Lebih lanjut, beliau juga memerintahkan setiap kantor pemerintahan untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama masa berkabung. 

Sementara itu, Yoon Suk-yeol juga memerintahkan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan penyebab utama dari tragedi perayaan Halloween ini. Dengan begitu, diharapkan kejadian serupa bisa diantisipasi agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. 

Kronologi Tragedi Itaewon  

Peristiwa tragis ini berawal saat warga yang sangat antusias mulai memadati kawasan Itaewon dengan aneka kostum horor. Merupakan perayaan Halloween perdana usai pandemi Covid-19 selama 3 tahun, semakin malam, warga kian memadari area tersebut.  

Pada pukul 22.20 waktu setempat, kondisi semakin parah, terutama di salah satu jalan sempit yang menanjak. Saat itu, sejumlah orang yang berada di bagian atas jalan terjatuh dan menimpa orang-,orang di bawahnya, sehingga berujung saling injak.  

Dengan kondisi yang sangat penuh, petugas pun kewalahan untuk menarik beberapa orang keluar dari kerumunan. Puluhan orang terkapar di jalanan dengan jantung yang berhenti berdetak. Beberapa petugas dan pengunjung lantas melakukan teknik CPR di tengah hiruk-pikuk massa yang panik.  

Korban di Tragedi Itaewon 

Tragedi Itaewon
Tragedi Itaewon, koreatimes

Korban tewas akibat tragedi ini kian bertambah. Hingga kini setidaknya 154 orang dinyatakan tewas dan 26 di antaranya merupakan warga asing dari 14 negara yang berbeda. 

Tiga personel militer Korea Selatan juga tewas, sedangkan empat personel lainnya mengalami luka parah di dalam tragedi Halloween ini. Lee Ji-han, kontestan Produce 101 Season 2 Lee Ji-han turut menjadi korban tewas di dalam tragedi ini.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) telah memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang tewas di dalam tragedi ini. Namun, ada dua WNI yang terluka ringan akibat insiden ini. Keduanya kini sudah membaik dan pulang dari rumah sakit.