11 Tips Solo Trip untuk Pemula, Traveling Bebas Worry!

Solo trip (berwisata sendirian) memang masih cukup asing di Indonesia karena budaya masyarakatnya yang sangat kekeluargaan dan juga dianggap berbahaya. Padahal dengan menerapkan tips solo trip yang benar, Sobat Sokmo pasti bisa menikmatinya dengan aman dan nyaman.

Sobat Sokmo bisa mendapatkan berbagai manfaat penting dari solo trip. Sebut saja jadi lebih mandiri, terbiasa mengambil keputusan dengan cepat, dan mudah beradaptasi. Sangat baik untuk pengembangan diri, bukan?

11 Tips Solo Trip untuk Pemula

Jika Sobat Sokmo ingin memulai solo trip pertama, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dan dipraktikkan agar perjalananmu aman sentosa dan bebas worry, yaitu:

1. Rencanakan Perjalanan 

Agar perjalanan Sobat Sokmo berjalan lancar, rencanakan dengan baik, benar, dan rinci. Ini termasuk memesan tiket pesawat, kamar penginapan, dan menyusun itinerary.   

Sebelum memesan kamar penginapan, pastikan Sobat Sokmo mengecek ulasan dari berbagai platform. Ini dilakukan demi memastikan kenyamanan Sobat Sokmo saat berlibur.  

2. Kenali Transportasi Umum 

Lakukan riset di internet untuk mengenali alat transportasi umum yang bisa digunakan di kota atau negara tujuan. Mulai dari namanya, jam keberangkatan, hingga stasiun atau halte tempat penumpang menunggu. 

Jika memang tidak tersedia alat transportasi umum, maka pastikan Sobat Sokmo memesan rental mobil atau motor sebelum tiba di sana. Dengan demikian, saat tiba di kota atau negara tersebut, Sobat Sokmo tak perlu lagi kebingungan untuk mencari alat transportasi.       

3. Cek Semua Dokumen Perjalanan 

Traveling sendirian berarti tidak ada orang yang bisa segera membantu Sobat Sokmo ketika Sobat mengalami kesulitan. Kelengkapan dokumen sangat membantu apabila terjadi hal yang tak diinginkan di kota atau negara tujuan. 

Oleh sebab itu, sebelum berangkat, cek ulang semua dokumen perjalanan. Mulai dari KTP, paspor, visa, tiket pesawat, voucher penginapan, asuransi perjalanan, hingga tiket masuk tempat wisata.  

4. Cek Kelengkapan Obat Pribadi 

Selanjutnya, kelengkapan obat pribadi juga merupakan hal yang sangat penting. Jika Sobat Sokmo mengidap penyakit tertentu, bawalah obat dari penyakit tersebut. 

Jika tidak, setidaknya bawa vitamin dan obat untuk pertolongan pertama, seperti Betadine dan Hansaplast. Dengan begitu, Sobat Sokmo tak perlu panik jika terluka.        

5. Bawa Uang Tunai  

Meskipun setiap transaksi kini dimudahkan dengan metode pembayaran cashless, tetap kantongi sejumlah uang tunai. Ini untuk berjaga-jaga jika sistem pembayaran cashless mengalami error. Selain itu, beberapa penjual tradisional mungkin saja belum menggunakan metode pembayaran cashless.    

6. Bawa Selfie Stick atau Tripod 

Hindari meminta orang asing mengambil fotomu, karena hal ini bisa berujung pada tindak perampokan. Sebaiknya bawa selfie stick (tongsis) atau tripod untuk mengambil fotomu sendiri.

7. Bawa Backpack

Sebisa mungkin tak perlu membawa luggage untuk menghindari pengambilan bagasi yang cukup lama di beberapa bandara. Selain itu, luggage juga tidak mudah untuk dibawa ke mana-mana. Sebaiknya bawalah backpack yang bisa memuat cukup banyak barang.

8. Gunakan Internet

Sobat Sokmo bisa menggunakan internet untuk mencari minimarket terdekat, membaca map (peta), dan mengetahui jadwal keberangkatan alat transportasi umum.    

Di beberapa negara, termasuk Indonesia sendiri, ada aplikasi pengantar makanan yang dapat membantu Sobat Sokmo ketika malas keluar dari penginapan. 

9. Tak Terlihat Bingung

Jika Sobat Sokmo tersesat, pastikan Sobat tidak tampak seperti orang yang kebingungan. Pasalnya, para penjahat cenderung akan menyasar turis yang tampak kebingungan.    

10. Cicipi Kuliner Khas 

Mencicipi kuliner khas merupakan hal yang wajib dilakukan saat traveling, baik sendirian maupun bersama orang lain. Sobat Sokmo mungkin saja terinspirasi untuk berkreasi dengan bumbu dari masakan tersebut.  

11. Interaksi dengan Penduduk 

Apabila memungkinkan, bangunlah interaksi yang positif dengan para penduduk lokal. Dengan demikian, mereka bisa membantu jika Sobat Sokmo mengalami kesulitan. Interaksi ini cenderung mudah dibangun bersama penduduk lokal di berbagai negara di benua Asia. 

Akhir Kata     

Solo trip sangat baik untuk pengembangan diri. Dengan melakukannya, Sobat Sokmo akan jadi pribadi yang lebih tekun, mandiri, dan bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Terapkan tips solo trip di atas agar perjalanan Sobat Sokmo berjalan lancar, aman, dan bebas worry. Happy traveling!