7 Tempat Wisata Indonesia, Viral di Mancanegara!

Indonesia menyimpan segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berkat keindahan alam dan bangunan bersejarahnya, banyak tempat wisata Indonesia yang viral di kalangan turis mancanegara. 

Tak hanya keindahan alamnya, Indonesia juga dihuni oleh para penduduk yang ramah, satwa yang unik, dan fauna yang eksotis. Aneka hal tersebut tentu saja semakin menambah ketertarikan turis mancanegara akan zamrud khatulistiwa.  

7 Tempat Wisata Indonesia yang Viral  

Viralnya tempat wisata Indonesia tentu berasal dari unggahan para turis di berbagai media sosial. Nah, ini dia deretan tempat wisata di Indonesia yang populer di kalangan turis mancanegara: 

1. Raja Ampat 

Terletak di timur Indonesia, Raja Ampat merupakan tempat wisata yang diidam-idamkan turis lokal maupun mancanegara. Perjalanan yang Sobat Sokmo tempuh akan terbayar lunas dengan keindahan alamnya. 

Adapun spot yang wajib dikunjungi saat berada di Raja Ampat, yaitu: Bukit Pianemo dan Pulau Misool, dan Kalibiru. Tiba di Bukit Pianemo, Sobat Sokmo akan disambut deburan ombak dan kejernihan air laut yang menyegarkan pikiran. 

Sementara Pulau Misool menyuguhkan pemandangan gugus-gugus pulau karst dengan laut yang dangkal dan jernih. Sangat cocok untuk Sobat Sokmo yang suka water sport.

2. Nusa Penida 

Pulau kecil yang masih merupakan bagian dari Provinsi Bali ini menyimpan pesona eksotis dari perbukitan dan tebing yang dikelilingi pantai. Selain parasnya yang elok, perairan di sekitar Nusa Penida juga menjadi surga untuk para penggemar water sports, seperti: snorkeling, surfing, dan scuba diving

3. Labuan Bajo

Tempat wisata alam yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan pemerintah. Bagaimana tidak? Destinasi wisata Indonesia ini menghadirkan berbagai keindahan yang menakjubkan. Mulai dari pantai dan laut yang eksotis, danau dan air terjun yang menyegarkan, hingga padang savana yang menenangkan.

Tak hanya itu, saat matahari tenggelam dan langit mulai berubah warna menjadi jingga  maka Sobat Sokmo bisa memandangi siluet dari pulau-pulau kecil di sekitar kawasan Labuan Bajo.   

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 

Ketiga gunung yang menjadi wisata Jawa Timur ini memang menyuguhkan pemandangan menakjubkan dan pengalaman mendaki yang seru. 

Untuk mengabadikan momen terbitnya matahari (golden sunrise) dari ketiga gunung ini, Sobat Sokmo disarankan untuk mengunjunginya pada bulan April-Oktober. Bersiaplah dengan kamera terbaik di Sunrise View Point Bukit Widodaren sejak jam 5 subuh.

Selain golden sunrise, Sobat Sokmo juga bisa menikmati pemandangan awan yang seolah mengawal ketiga gunung tersebut dengan lembut.  

5. Gili Meno 

Destinasi wisata eksotis di Lombok ini merupakan salah satu dari 3 pulau kecil di Kepulauan Gili Lombok. Pantai pasir putih, terumbu karang yang indah, udara yang bersih, dan lautnya yang jernih tentu memikat hati para turis. 

Sangat disarankan untuk melakukan snorkeling dan scuba diving. Dengan begitu, Sobat Sokmo bisa menikmati keindahan terumbu karang, ikan, dan penyu dengan mata telanjang. 

Tak hanya itu, di bawah laut Gili Meno, ada 48 patung manusia karya Jason deCaires Taylor, pemahat asal Inggris. Patung-patung itu merupakan habitat pengembangbiakan terumbu karang. Sangat menarik, bukan? 

6. Danau Toba 

Nah, danau terbesar di Asia Tenggara ini terletak di Provinsi Sumatera Utara. Terbentuk dari letusan gunung berapi yang masif sekitar 74.000 tahun lalu, danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer,  dan kedalaman 508 meter. 

Sobat Sokmo bisa menikmati kesegaran dan kesejukan udara tanpa polusi untuk menyegarkan pikiran. Tak hanya itu, panorama yang sangat cantik juga siap untuk diabadikan. 

Jika Sobat Sokmo mengitari danau di ujung jalur, maka Sobat Sokmo akan menemukan sebuah pemandian air panas bernama Aek Rangat yang langsung mengalir dari ketinggian Gunung Pusuk Buhit.   

7. Candi Borobudur 

Terakhir, ada destinasi wisata non-alam yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai  salah satu warisan budaya, yaitu: Candi Borobudur. Terletak di Jawa Tengah, candi ini menghadirkan aneka stupa berbentuk lonceng yang berisi patung Buddha.   

Di candi ini, Sobat Sokmo tak hanya bisa mempelajari seni dan sejarah, tetapi juga mengambil momen golden sunrise pada jam 5 subuh. Sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? 

Akhir Kata  

Ada banyak tempat wisata indah di Indonesia yang menunggu untuk dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Beberapa di antaranya yang tertera di atas. Sobat Sokmo sendiri sudah mengunjungi yang mana saja, nih?