5 Rekomendasi Film Natal, Legend hingga Antimainstream

Tak terasa kita sudah memasuki bulan November dan semakin mendekati akhir tahun. Sudahkah Sobat Sokmo menyiapkan liburan akhir tahun ini? Jika Sobat Sokmo ingin di rumah saja, maka Sokmo punya beberapa rekomendasi film Natal yang seru untuk menemani liburan nanti. 

Sebentar lagi Sokmo akan merekomendasikan deretan film Natal yang paling seru, mulai dari yang sudah melegenda sejak lama hingga yang paling antimainstream dengan berbagai pesan moral untuk ditonton pada liburan akhir tahun nanti. 

5 Rekomendasi Film Natal Paling Seru   

Rekomendasi Film Natal
Rekomendasi Film Natal, Pexels – Andrea Piacquadio

Jadi, jika pada akhir tahun ini, Sobat Sokmo belum bisa berlibur ke luar rumah, tenang saja. Karena Sobat Sokmo bisa menonton berbagai film Natal seru berikut ini di rumah:  

1. Home Alone 1 & 2 (1990 & 1992) 

Home Alone
Home Alone, The List

Film Home Alone seolah menjadi film yang wajib ditonton saat Natal. Baik di televisi maupun streaming service, film ini selalu masuk kolom rekomendasi pada bulan Desember. Diperankan oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin, kedua film keluarga yang super kocak ini menceritakan pengalaman Kevin yang ditinggal keluarganya selama liburan. 

Di dalam film Home Alone 1, Kevin tertinggal sendirian di rumah saat keluarganya terbang ke Paris untuk liburan akhir tahun. Keseruan Home Alone dimulai saat 2 perampok mendatangi rumah Kevin. Kecerdasan Kevin membuat kedua perampok ini ditangkap pihak berwajib.   

Sementara di film Home Alone 2, Kevin terpisah di bandara saat hendak berlibur bersama keluarganya. Kevin malah naik pesawat ke New York dan tersesat di sana. Lebih parahnya lagi, Kevin tak sengaja bertemu dua perampok yang sebelumnya ditangkap di Home Alone 1. Kevin pun melakukan berbagai upaya yang lucu dan cerdas untuk lari dari kejaran dua perampok yang ingin membalaskan dendam mereka ini. 

2. The Polar Express (2004) 

The Polar Express
The Polar Express, Archdiocese of Regina

Film animasi ini menceritakan Billy, seorang anak laki-laki yang tidak percaya kehadiran Santa Klaus. Pada suatu malam Natal, ia melihat sebuah kereta bernama The Polar Express dan ikut menaikinya. Kereta itu ternyata berangkat ke Kutub Utara.

Setelah mengalami banyak kejadian yang mendewasakan diri selama perjalanan itu, Billy akhirnya bertemu Santa Klaus dan menjalin hubungan baik dengan para penumpang lainnya. Ada banyak pesan moral yang bisa dipetik dari film berdurasi 1 jam 40 menit ini.

3. A Christmas Carol (2009) 

A Christmas Carol
A Christmas Carol, Disney Fandom

Dibuat berdasarkan novel klasik dengan judul yang sama, film ini menceritakan seorang pria tua bernama Ebenezer Scrooge yang sangat membenci hari Natal dan bersikap menyebalkan.  

Suatu hari seseorang memberi tahu Scrooge bahwa ia akan didatangi 3 sosok gaib yang akan mengubah kisah perjalanan hidupnya. Tiga sosok gaib ini lantas mengantar Scrooge di dalam perjalanan yang melampaui batas ruang dan waktu untuk membuka mata hati Scrooge. 

Mereka menyingkapkan apa yang akan terjadi jika Scrooge tidak segera mengubah jalan hidupnya. Usai perjalanan itu, Scrooge berubah 180° menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan menyukai Natal. 

4. Rare Exports: A Christmas Tale (2010)   

Rare Export
Rare Exports: A Christmas Tale, Roger Ebert

Berbeda dengan film Natal pada umumnya, film Rare Exports hadir dengan kesegaran yang unik dan sedikit provokatif. Sutradara Jalmari Helander berhasil menyajikan film Natal yang antimainstream dan tetap bisa dinikmati para penonton dari berbagai kalangan dan usia.  Perpaduan antara drama yang mengharukan, dark jokes, dan elemen horor-fantasi yang mencekam dapat membuat emosi Sobat Sokmo naik turun. 

5. Love Hard (2021) 

Love Hard
Love Hard, Netflix

Film besutan Hernan Jimenez ini mengisahkan seorang jurnalis, Natalie, yang selalu gagal dalam percintaan. Satu hari ia jatuh cinta kepada pria bernama Josh yang dikenalnya lewat dating app (aplikasi kencan daring). 

Jelang Natal, Natalie ingin menemui Josh untuk pertama kali. Setelah menempuh perjalanan lebih dari 5.000 km, Natalie malah ditampar fakta bahwa dirinya ditipu, karena Josh selama ini menggunakan foto sahabatnya, Tag sebagai profile picture-nya. Hal ini mengakibatkan kesalahpahaman yang cukup menyakitkan bagi Natalie. Namun, hal ini memberikannya banyak pelajaran berharga.

Diperankan Nina Dobrev, Darren Barnet, Jimmy O Yang, dan Harry Shum Jr., kepiawaian akting para aktor dan aktris di film ini tak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, ada banyak pesan moral yang bisa dipetik dari film yang tayang di Netflix ini. 

Akhir Kata 

Nah, itu dia deretan rekomendasi film Natal yang bisa menemani liburan Sobat Sokmo di rumah. Kira-kira nomor berapa yang akan Sobat Sokmo tonton pertama kali?