Nikita Mirzani Ditahan, Makan Pizza di Tengah Pilu

Usai terlibat di dalam sejumlah kontroversi, artis Nikita Mirzani akhirnya resmi ditahan di Rutan Kelas IIB sejak Selasa, 25 Oktober lalu. Penahanan ini dilakukan berdasarkan laporan Dito Mahendra, kekasih Nindy Ayunda dengan tuduhan pencemaran nama baik.    

Kasus ini bermula saat Dito Mahendra melaporkan Nikita atas dugaan pelanggaran UU ITE dengan tuduhan pencemaran nama baik. Dito tidak terima dengan unggahan Instagram Story @nikitamirzanimawardi_172 tanggal 16 Mei lalu yang menduga dirinya melakukan pemukulan dan penyekapan. 

Merasa nama baiknya dicemarkan, Dito lantas melaporkan aktris kelahiran 1986 ini ke pihak berwajib dan melengkapi berkas perkaranya. Berdasarkan laporan tersebut, aktris yang kerap disapa Nyai ini terancam dijerat pasal 21 ayat 4 huruf a KUHAP, yakni Tindak Pidana dengan pidana penjara 5 tahun. 

Surat penetapan Nikita sebagai tersangka beredar pada 17 Juni dengan nomor S.Tap/56/VI/RES.2.5/2022/Reskrim. Surat itu menyatakan dirinya sebagai tersangka sejak 13 Juni 2022. 

Proses Penahanan Nikita Mirzani  

Pada Kamis, 21 Juli 2022, Nikita Mirzani ditangkap saat sedang bersama anaknya di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta. Tiba di Polresta Serang Kota sekitar pukul 17.00 WIB, aktris dalam negeri ini batal ditahan keesokan harinya karena pertimbangan kemanusiaan.

Setelah sempat dicegat keluar negeri Ditjen Imigrasi untuk melakukan wajib lapor ke Mapolresta Serang Kota, Nikita akhirnya ditangkap pada Selasa, 25 Oktober lalu pukul 18.00 WIB. Terdengar isak tangis dan teriakan Nikita selama beberapa menit. “Kalian jahat semua di sini, kalian nggak punya hati nurani, kalian pikir saya sebagai penjahat,” teriaknya. 

Kajari Serang Freddy D Simanjuntak menyatakan bahwa Nikita ditahan sampai dengan 13 November mendatang di Rutan Serang. Keesokan harinya, Nikita melalui kuasa hukumnya, Fahmi Bachmid resmi mengajukan penangguhan penahanan ke pihak Kejari Serang Kota.

Kondisi ibu tiga anak ini saat awal penahanan sangat memilukan. Ia disebut tidak mau makan dan tidak bisa buang air besar. Namun, pada Kamis, 27 Oktober 2022, Nikita diketahui memesan pizza untuk 700 orang di Rutan Serang termasuk dirinya. Informasi itu dibagikan Jessica Tiffani selaku pihak manajemen yang mengelola media sosialnya.