Niat Puasa Senin Kamis dan Tata Caranya

Puasa Senin Kamis adalah salah satu jenis puasa sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad Saw. Oleh karena itu, banyak yang mencari niat puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu dari Allah Swt. 

Puasa sendiri merupakan bagian dari rukun Islam sekaligus salah satu jenis ibadah sunnah. Saat berpuasa, bukan hanya nafsu makan dan minum yang ditahan, tetapi juga berbagai perbuatan yang dapat membatalkan puasa.   

Hukum Puasa Senin Kamis 

Sesuai namanya, puasa Senin Kamis adalah jenis puasa sunnah (dianjurkan) yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis. 

Jika melaksanakannya, maka Sobat Sokmo akan memperoleh pahala. Namun, jika tidak melaksanakannya, maka Sobat Sokmo pun tidak berdosa.    

Berikut ini beberapa hadis yang menunjukkan keutamaan dari puasa Senin Kamis:  

1. “Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa sallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah). 

2. “Hari Senin adalah hari lahirku (Nabi Muhammad Saw.), hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim).

3. “Dari Abi Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.”” (HR. Tirmidzi). 

Banyak yang bertanya, apakah puasa Senin Kamis bisa menggantikan puasa Ramadan. Jawabannya: bisa, tetapi puasa itu akan tetap disebut puasa qadha. Untuk menjalankan puasa qadha, Sobat Sokmo perlu melafalkan bacaan niat puasa qadha sebagai berikut: 

“Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta’âlâ.”

Arti: 

“Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah Swt..” 

Niat Puasa Senin dan Kamis 

Niat puasa adalah syarat dari sahnya ibadah puasa dan termasuk di dalam rukun puasa. Demikian pula halnya dengan niat puasa Senin dan doa niat puasa Kamis. 

Bacaan niat puasa sunah Senin Kamis cukup mudah, karena mirip dengan pelaksanaan puasa pada umumnya. Sobat Sokmo bisa melafalkan niat puasa hari Senin Kamis pada pagi atau siang usai fajar, selama tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Berikut adalah doa niat puasa Senin Kamis: 

1. Niat Puasa Sunnah Hari Senin

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.”

Arti: 

“Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala.”

2. Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala.”

Arti: 

“Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Usai mengetahui bacaan niat puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu yang baik, kini saatnya untuk memahami tata caranya, yakni:   

1. Sahur

Sahur adalah sunnah puasa dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Namun, jika Sobat Sokmo terlambat bangun dan tidak sempat sahur, maka puasa Senin Kamis akan tetap sah. Sebelum sahur, cukup baca niat sahur puasa Senin Kamis di atas.

2. Lafalkan Niat

Selanjutnya, lafalkan do’a niat puasa Senin Kamis pada malam sebelum fajar menyingsing atau pada pagi harinya selagi belum makan, minum, dan melakukan hal lainnya yang membatalkan puasa. 

3. Tahan Diri 

Seperti jenis puasa lainnya, saat berpuasa Senin dan Kamis, Sobat Sokmo juga harus menahan diri dari hal-hal yang dapat  membatalkan puasa sejak terbit sampai tenggelamnya matahari. Hal-hal tersebut antara lain: makan, minum, melakukan hubungan suami-istri, dan lain-lain. 

Selain itu, Sobat Sokmo juga dianjurkan untuk menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa. Sebut saja ghibah, berbohong, dan semua bentuk kemaksiatan. 

4. Buka Puasa

Terakhir, berbuka puasa saat matahari terbenam dan memasuki salat Magrib dengan melafalkan doa buka puasa Senin Kamis.  

Inilah 2 jenis doa buka puasa Senin Kamis yang bisa dilafalkan: 

1. “Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Arti:

“Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

2. “Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.”

Arti: 

“Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran, dengan kehendak Allah Ta’ala.” (HR Abu Dawud, Daruquthni, Hakim, dan Nasa’i). 

Akhir Kata 

Nah, demikianlah doa niat puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu beserta tata caranya. Selamat menunaikan ibadah puasa!