Niat Puasa Nisfu Syaban dan Waktu Pelaksanaannya

Niat puasa Nisfu Syaban perlu dilafalkan seorang Muslim yang ingin menunaikan puasa Nisfu Syaban. Nisfu Syaban atau Nisfu Sya’ban sendiri adalah peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan (Sya’ban) dari kalender Islam. 

Hari tersebut dikenal sebagai Laylatul Bara’ah, yang artinya malam pengampunan dosa, malam berdoa, dan malam pembebasan. Oleh karena itu, niat puasa Syaban dan tata caranya sangat penting untuk dipahami.  

Hukum Niat Puasa Nisfu Sya’ban  

Puasa Nisfu Sya’ban tergolong sebagai puasa sunnah. Hal ini dibuktikan di hadis berikut:   

قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ ‏.‏ قَالَ ‏ “‏ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ ‏”

Arti: 

“Usamah bin Zaid berkata. “Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihatmu berpuasa sebanyak di bulan Syaban.” Rasulullah SAW berkata, “Ini adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa.”” (HR An-Nasa’i). 

Berdasarkan hadis tersebut, bulan Sya’ban merupakan bulan istimewa karena merupakan bulan pengangkatan amalan manusia kepada Allah Swt. dan berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan.  

Karena itulah, bulan ini menjadi bulan yang sangat penting, terutama pada Nisfu Syaban alias pertengahan di bulan Syaban. Rasulullah Saw. menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada siangnya dengan lafadz niat puasa Nisfu Sya’ban dan mendirikan salat pada malam sebelumnya.  

“Nabi SAW bersabda, “Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka salatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman, “Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rezeki, maka akan kuberikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar.”” (HR Imam Ibn Majah). 

Niat Puasa Sya’ban 2023

Lantas, bagaimana niat puasa Nisfu Sya ban 2023? Berikut ini niat puasa Nisfu Sya ban yang benar:  

Niat puasa Nisfu Sya ban tulisan Arab: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Niat puasa Nisfu Sya ban 2023 latin Arab:

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’aalaa.” 

Niat puasa nisfu sya ban beserta artinya: 

“Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta’ala.” 

Kapan Puasa Nisfu Sya’ban 2023? 

Pelafalan niat puasa Nisfu Syaban 2023 jatuh pada tanggal Selasa, 7 Maret 2023 malam, karena Nisfu Syaban 2023 sendiri jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023 (15 Syaban). 

Selain melafalkan bacaan doa niat puasa Nisfu Sya’ban dan menunaikannya, ada beberapa amalan lain yang bisa diamalkan pada Nisfu Syaban. Amalan itu adalah salat sunnah, membaca surat Yasin 3 kali, membaca doa Nisfu Syaban, zikir, dan meminta maaf kepada orang lain.  

Akhir Kata 

Demikianlah niat puasa sebelum Nisfu Sya ban yang perlu dilafalkan sebelum berpuasa pada 15 Sya ban. Selamat menunaikan puasa Nisfu Sya ban!