Niat Puasa Arafah Idul Adha dan Keutamaannya

Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Meskipun masih jauh, tetapi sudah banyak yang mencari niat puasa Arafah 2023. Ya, puasa Arafah 2023 juga banyak dicari di samping puasa Ramadhan 2023.

Idul Adha sendiri jatuh pada bulan Dzulhijjah. Selain itu, keutamaan bulan ini terletak pada 10 hari pertamanya. Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk beramal dan beribadah sebanyak mungkin pada 10 hari pertama bulan itu. Sebut saja bersedekah, membaca Al-Qur’an, dan melaksanakan puasa sunnah Arafah. 

Mengenal Puasa Arafah 

Puasa Arafah berhubungan erat dengan Padang Arafah, yang disinggahi jamaah haji. Oleh karena itu, puasa ini ditunaikan tepat sehari sebelum Hari Idul Adha, bertepatan dengan wukuf jamaah haji di Padang Arafah.

Sebagai puncak tertinggi ibadah haji, waktu ini tentu sangat istimewa. Namun, jika Sobat Sokmo berhalangan untuk melaksanakannya, maka Sobat Sokmo tetap bisa merasakan esensi yang sama. Maka dari itu, puasa Arafah bersifat sunnah muakkad alias mendekati wajib.  

Puasa Arafah dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah, sehingga niatnya kerap disebut sebagai niat puasa 9 Dzulhijjah atau niat puasa 9 Dzulhijjah 2023 pada tahun ini. 

Hukum Doa Niat Puasa Arafah

Mengutip situs resmi Kementerian Agama, Rasulullah Saw. bersabda tentang pentingnya niat di dalam melakukan berbagai hal, termasuk niat puasa sebelum Idul Adha, yakni puasa Arafah. Inilah hadisnya:   

“Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radiallahu anhu, dia berkata: “Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.”””  

Dengan demikian, umat Islam yang mau melaksanakan puasa Arafah harus mengetahui niat puasa sunnah Idul Adha ini, karena sangat menentukan sah atau tidaknya amalan yang dijalankan.   

Berbeda dengan bacaan niat puasa wajib, bacaan niat puasa Arafah bisa termasuk sunnah, sehingga dapat dilafalkan dari Magrib sampai pagi harinya, selama tidak melakukan hal pembatal puasa. 

Niat Puasa Sunnah Arafah 

Nah, berikut adalah niat puasa Arafah 9 Dzulhijjah yang dapat dilafalkan pada malam sebelum berpuasa: 

Niat puasa Arafah bahasa Arab: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan niat puasa Arafah Idul Adha latin Arab: 

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa i sunnati Arofah Lillaahi Ta’aalaa”.

Arti niat puasa sunah Arafah: 

“Aku niat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah.”  

Selain itu, ada juga niat puasa Arafah beserta artinya, yang bisa dilafalkan pada pagi harinya, yakni: 

Niat doa puasa Arafah di dalam huruf Arab: 

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Doa niat puasa Idul Adha Arafah di dalam huruf latin Arab: 

“Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi Ta’aalaa.” 

Arti niat puasa Arafah sebelum Idul Adha: “Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.” 

Keutamaan Puasa Arafah  

Setelah mengetahui niat puasa Idul Adha Arafah, kini saatnya untuk mengetahui keutamaannya. Ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa puasa Arafah dapat menggugurkan dosa dari setahun yang telah berlalu. 

Beliau juga menjelaskan bahwa keutamaan yang dimaksud adalah menjaga umat Islam yang berpuasa dengan niat puasa Arafah hari raya Idul Adha agar tidak berbuat dosa selama setahun yang akan datang.  

Lebih lanjut, beliau juga menambahkan bahwa jika usai berpuasa dengan niat puasa puasa Arafah, seorang Muslim masih berbuat dosa, maka ibadah puasanya itu tidak bernilai.  

Akhir Kata 

Setelah mengetahui hukum, keutamaan, dan niat puasa Arafah 9 Dzulhijjah 2023, mari laksanakan ibadah puasa sunnah muakkad ini dengan baik dan benar.