Niat Puasa 27 Rajab Isra Mikraj dan Keutamaannya

Niat puasa 27 Rajab adalah salah satu dari niat puasa yang banyak dicari. Ini karena bulan Rajab sendiri adalah bulan yang dimuliakan Allah Swt.. 

Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh di dalam kalender Hijriah. Pada tanggal 27 dari bulan inilah, Rasulullah Saw. melakukan perjalanan Isra Mikraj untuk menerima perintah melaksanakan Sholat 5 waktu bagi umatnya. Oleh karena itu, pada bulan ini, umat Islam dapat menunaikan ibadah puasa sunnah. 

Mengenal Bulan Rajab 

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram, yakni bulan yang dimuliakan dan diagungkan oleh Allah Swt. 

Adapun bulan-bulan haram sebagai berikut: bulan Rajab, bulan Dzulhijjah, bulan Dzulqaidah, dan bulan Muharram. Pada bulan-bulan ini, Allah Swt. mengharamkan umat Islam untuk berperang, kecuali jika musuh yang memulainya. 

Selain itu, apabila ada perbuatan haram yang dilanggar pada bulan ini, maka bobot dosanya akan lebih berat daripada bulan-bulan lainnya. Maka dari itu, Allah Swt. memperingatkan seluruh umat Islam untuk tidak terjerumus ke dalam perbuatan haram pada bulan-bulan ini. 

Niat Puasa 27 Rajab 

Berikut ini niat doa puasa Rajab yang harus dilafalkan pada malam sebelum menunaikannya: 

“Nawaitu shouma ghodin ‘an ada’i sunnati rajaba lillahi ta’ala.”

Arti:

“Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah Swt..” 

Niat puasa Rajab ke 5, niat puasa Rajab ke 2 Jumat, niat puasa bulan Rajab tanggal 1, niat puasa 3 hari di awal Rajab, dan tanggal lainnya dari bulan Rajab adalah sama dengan niat di atas. 

Keutamaan Berpuasa pada Bulan Rajab 

Keutamaan berpuasa pada bulan Rajab ini terkandung di dalam hadis sebuah riwayat dari Anas bin Malik bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: 

“Barangsiapa yang berpuasa 3 hari di bulan rajab, maka ia bagaikan melaksanakan puasa setahun, bila ia berpuasa 7 hari, maka ditutuplah untuknya pintu pintu neraka jahannam, bila berpuasa 8 hari, maka dibukakan 8 pintu surga untuknya, dan bila ia berpuasa selama 10 hari, maka Allah SWT akan mengabulkan semua permintaannya.”  

Akhir Kata 

Puasa 27 Rajab adalah puasa sunnah yang dianjurkan para ulama. Selain puasa 27 Rajab, umat Islam juga bisa berpuasa pada hari lainnya di dalam bulan Rajab secara selang-seling. 

Niat puasa Rajab Senin, niat puasa bulan Rajab tanggal 2, dan pada tanggal lainnya sama saja seperti di atas.