Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika 2022

Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika terbagi menjadi 2, yaitu: kualifikasi untuk Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia, yang diatur oleh North, Central American and Caribbean Association Football) serta kualifikasi untuk Amerika Selatan, yang diatur oleh South American Football Confederation).     

Kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf (North, Central American and Caribbean Association Football) untuk tahun 2023 berlangsung pada 24 Maret 2021-30 Maret 2022 dengan total 34 tim. Sementara kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol berlangsung pada 8 Oktober 2020-29 Maret 2022 dengan total 10 tim.  

Hasil Kualifikasi Piala Dunia Amerika 2022 

Akhir-akhir ini banyak yang menanyakan hasil kualifikasi Piala Dunia 2022 Argentina, dan kawan-kawan. Simak jawabannya di bawah ini.  

Setelah jadwal kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika yang cukup panjang, benua ini akhirnya diwakili oleh 8 negara, yaitu 4 negara dari kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf dan 4 negara lainnya dari kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol. 

Zona Concacaf diwakili oleh Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, dan Kosta Rika. Sementara zona Conmebol diwakili oleh Brasil, Argentina, Ekuador, dan Uruguay. 

Adapun slot yang diberikan Fédération Internationale de Football Association (FIFA) untuk zona Concacaf adalah 3,5, sedangkan untuk zona Conmebol adalah 4,5. 

Dengan demikian, tim yang lolos, tetapi berada di posisi terendah dari klasemen Zona Amerika harus bertanding di laga play-off dengan timnas dari konfederasi lain untuk memperebutkan tiket ke putaran final (fase grup) Piala Dunia 2022.  

Hal ini yang terjadi pada Kosta Rika dan Peru di kualifikasi Piala Dunia kali ini. Kosta Rika mampu mengalahkan Selandia Baru dengan skor 1-0 di laga play-off, sehingga memastikan langkahnya ke fase grup. Sementara Peru tidak lolos ke fase grup, karena dikalahkan Australia dengan skor 4-5 dalam adu penalti di laga play-off

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika  

Berikut adalah klasemen kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf

1. Kanada: 28 poin 

2. Meksiko: 28 poin 

3. Amerika Serikat: 25 poin 

4. Kosta Rika: 25 poin    

Berikut adalah klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol:  

1. Brasil: 45 poin 

2. Argentina: 39 poin

3. Uruguay: 28 poin 

4. Ekuador: 26 poin  

Akhir Kata 

Demikianlah hasil kualifikasi zona Amerika pada Piala Dunia 2022. Semoga tim kesayangan Sobat Sokmo bisa meraih kemenangan yang gilang gemilang!