Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol

Jadwal dan hasil kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol (Confederación Sudamericana de Fútbol) telah selesai diselenggarakan pada 2 Februari-30 Maret 2022 lalu. Meski begitu, banyak yang masih mencari hasil kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol 2022 kali ini. 

Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol memang tak pernah gagal memperoleh antusiasme para pencinta sepak bola dunia. Banyak juga yang tak pernah lepas dari pantauan live score kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol. Wajar saja, karena di kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan ini, terdapat 2 tim favorit, yaitu: Brasil dan Argentina. 

Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol 

Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk zona Amerika Selatan ini diikuti oleh 10 negara, yaitu: 

  1. Uruguay
  2. Kolombia
  3. Peru
  4. Brasil
  5. Venezuela
  6. Bolivia
  7. Paraguay
  8. Argentina
  9. Chili
  10. Ekuador

Sejak 6 periode lalu, Dewan Conmebol telah menetapkan struktur kualifikasi dengan sistem pertandingan round-robin (Home & Away). Lalu khusus untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, awalnya Brasil dan Argentina sama-sama dimasukan ke posisi 4 atau 5 dari undian, agar tidak ada tim yang memainkan keduanya pada hari yang sama. Namun, pada Sabtu (16/11/2022) lalu, keputusan itu diurungkan Dewan Conmebol, sehingga membuat undian terbuka sepenuhnya. 

Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol 2022

Dari jadwal kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol kali ini, ada 4 tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, yaitu: Brasil, Argentina, Uruguay, dan Ekuador. 

Brasil berhasil menjuarai klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol dengan 45 poin. Tepat di bawahnya ada Argentina dengan 39 poin. Kemudian, diikuti oleh Uruguay dengan 28 poin dan Ekuador dengan 26 poin. 

Terakhir, ada Peru, yang harus bertanding dengan Australia di laga play-off untuk memperebutkan tiket ke putaran final (fase penyisihan grup) Piala Dunia 2022. 

Laga yang berlangsung pada 14 Juni 2022 lalu ini dimenangkan Australia lewat adu penalti dengan skor 5-4. Dengan demikian, Australialah yang lolos ke fase penyisihan grup, sedangkan Peru harus menerima kenyataan tak bisa tampil di putaran final Piala Dunia kali ini. 

Akhir Kata 

Demikianlah hasil kualifikasi Amerika Selatan untuk Piala Dunia FIFA kali ini. Apakah tim favorit Sobat Sokmo lolos ke fase penyisihan grup?