Baking Soda vs Baking Powder, Serupa Tapi Tak Sama!

Baking soda dan baking powder adalah dua bahan pembuat kue yang kerap disamakan satu sama lain. Padahal baking soda vs baking powder memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Ya, meskipun tampak serupa, tetapi keduanya berbeda. Rasa yang dihasilkan pun akan berbeda. Maka dari itu, Sobat Sokmo wajib mengetahui perbedaan keduanya agar tidak salah membeli.   

Baking Soda vs Baking Powder 

Ilustrasi Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Ilustrasi Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, Pexels/Eva Bronzini

Sama-sama tampak seperti serbuk berwarna putih, perbedaan baking soda dan baking powder terletak pada kandungan, cita rasa, penggunaan, aplikasi, dan ragam manfaatnya. Agar Sobat Sokmo tidak salah beli, simak perbedaan keduanya di bawah ini: 

1. Kandungan      

Baking soda mengandung 100% natrium bikarbonat. Nah, natrium bikarbonat merupakan senyawa garam alkali yang dapat menghasilkan gas karbon dioksida saat dicampurkan dengan asam.  

Sementara baking powder mengandung tepung maizena, campuran natrium bikarbonat, dan asam, seperti krim tartar. Oleh karena itu, baking soda masih membutuhkan asam untuk mengembang, sedangkan baking powder tidak.   

Jika Soba Sokmo ingin menggunakan baking soda, maka campurkan baking soda dengan berbagai bahan asam, seperti air lemon, cuka, atau buttermilk.    

2. Cita Rasa  

Baking soda yang tidak dicampurkan dengan bahan asam akan memberikan sedikit rasa pahit di adonan kue. Rasa pahit ini datang dari kandungan natrium bikarbonatnya.    

Berbeda dengan baking powder yang telah  mengandung zat asam dari tartar, yang tak akan menyisakan rasa pahit di adonan kue. 

3. Penggunaan  

Baking soda cenderung bersifat basa, sehingga lebih ditujukan untuk kue kukus. Jika digunakan pada kue kering, maka campuran baking sodanya akan lebih sulit untuk mengering.

Sementara baking powder mengandung bahan pengering, sehingga lebih cocok digunakan untuk kue panggang.  

4. Aplikasi 

Saat Sobat Sokmo mengaplikasikan baking soda, sebaiknya kue itu langsung dimasak. Jika dibiarkan terlalu lama, maka baking soda justru membuat kue jadi bantat.  

Lain halnya jika Sobat Sokmo mengaplikasikan baking powder. Sobat Sokmo bisa membiarkan adonan kue dengan campuran baking powder lebih lama tanpa khawatir ia akan jadi bantat. 

5. Manfaat Ekstra 

Baking soda bisa membuat gorengan jadi lebih renyah dan ringan. Tak hanya itu, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan noda di peralatan masak, lantai, dan pakaian. 

Lain halnya dengan baking powder yang mengandung tepung maizena, sehingga tidak bisa digunakan untuk membersihkan atau merenyahkan gorengan. 

Akhir Kata 

Meski tampak serupa, tetapi baking powder dan baking soda memiliki sejumlah perbedaan signifikan, seperti yang tertulis di atas. Nah, sekarang Sobat Sokmo sudah memahami perbedaan baking soda dan baking powder, bukan?